5 Tahapan Menjadi Dokter Spesialis, Wajib Dilalui

tahapan-menjadi-dokter-spesialis

Jalan untuk seseorang menjadi dokter tidaklah mudah. Kamu harus melewati banyak tahapan mulai ujian tulis ataupun praktik untuk bergelar dokter. Nah, pada artikel kali ini akan dijelaskan bagaimana tahapan menjadi dokter spesialis.

Spesialisasi dokter pun cukup beragam. Bidang spesialisasi meluas, mulai dari spesialis jantung, hati, mata, THT, dan beberapa spesialis lainnya. Poin pentingnya, yakni sekolah spesialis memakan waktu 9 tahun lamanya.

Nah, biar kamu bisa persiapan, yuk cari tahu tahapan lengkap dan resiko jadi dokter yang harus diambil.

Tahapan Menjadi Dokter Spesialis

Tahukah kamu ciri-ciri orang yang cocok jadi dokter adalah tekun dan pandai? Sebab, banyak sekali proses yang harus dilalui, sehingga butuh extra sabar dan tekun dalam belajar.

Nah, berikut beberapa tahapan yang harus kamu lewati jika ingin jadi dokter spesialis, antara lain:

1. Kuliah S1 Kedokteran

Sebelum kamu naik tingkat menjadi seorang dokter spesialis, maka kamu harus ikuti program Pendidikan Dokter terlebih dahulu. Program ini sama seperti sarjana pada umumnya, dan kamu harus menyelesaikannya dalam 8 semester.

Nantinya, setelah lulus S1 kedokteran ini gelar kamu akan berubah menjadi Sarjana Kedokteran (S.Ked).

2. Lanjut Pendidikan Profesi

Setelah kamu mendapat gelar S.Ked, prosesnya belum berhenti. Kamu perlu mendapatkan gelar (dr.) di depan namamu dengan proses belajar dua tahun. Program ini biasa dikenal sebagai koas/co-ass (co-assistant).

3. Internship

Jika kedua gelar sudah kamu dapatkan, kini saatnya mengikuti program internship satu tahun. Tujuannya untuk mendapat izin praktik dan memperoleh Surat Tanda Registrasi (STR).

4. Menjadi Dokter Praktik

STR yang sudah teregistrasi di dalamnya akan memuat nomor paten dan berlaku seumur hidup. STR ini akan menjadi bekal kamu dalam mengurus Surat Izin Praktik (SIP) sesuai jumlah lokasi kerja sebagai dokter umum.

5. Program Spesialis

Terakhir, baru Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS). Program ini untuk memberikan gelar spesialis jika kamu berhasil menyelesaikan perkuliahan.Itu tadi beberapa tahapan menjadi dokter spesialis yang dapat kamu jadikan acuan jika ingin masuk sekolah kedokteran. Semangat belajar dan dapatkan gelar spesialis di usia muda. Selamat mencoba.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top